A. STRUKTUR KURIKULUM
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus
ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman
muatan kurikulum tiap mata pelajaran dituangkan dalam bentuk Kompetensi (Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar) yang dikembangkan berdasarkan Standar
Kompetensi Lulusan (SKL).
Struktur dan muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada jenjang pendidikan dasar dan menengah meliputi
lima kelompok mata pelajaran sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah
Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan pasal 6 ayat (1), selengkapnya adalah :
1.
Kelompok mata pelajaran agama dan
akhlak mulia, dimaksudkan
untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi
pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
2.
Kelompok mata pelajaran
kewarganegaraan dan kepribadian, dimaksudkan untuk peningkatan
kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas
dirinya sebagai manusia.
3.
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi, dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi dasar
ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.
4.
Kelompok mata pelajaran estetika, dimaksudkan
untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan
mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan
mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik
dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup,
maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan
yang harmonis.
5.
Kelompok mata pelajaran
jasmani, olahraga dan kesehatan, dimaksudkan untuk meningkatkan potensi
fisik serta membudayakan sportivitas dan
kesadaran hidup sehat.
Berikut disajikan Struktur
Kurikulum MTs Al – Hidayah Purwokerto Kab. Banyumas:
KOMPONEN
|
Kelas
dan Alokasi Waktu JP
|
Keterangan
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
||
A. Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
1.
Pendidikan
Agama Islam
|
|
|
|
|
a. Qur’an-Hadist
|
2
|
2
|
2
|
|
b. Akidah dan Akhlak
|
2
|
2
|
2
|
|
c. Fiqih
|
2
|
2
|
2
|
|
d. SKI
|
2
|
2
|
1
|
|
2.
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
|
3.
Bahasa
Indonesia
|
4
|
4
|
4+1
|
|
4.
Bahasa
Arab
|
2+1
|
2+1
|
2
|
|
5.
Bahasa
Inggris
|
4
|
4
|
4
|
|
6.
Matematika
|
4
|
4+1
|
4+1
|
|
7.
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
4+1
|
4+1
|
4+1
|
|
8.
Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
|
9.
Seni
Budaya
|
2
|
2
|
2
|
|
10. Penjasorkes
|
2
|
2
|
2
|
|
11. Ketrampilan / TIK
|
2
|
2
|
2
|
|
B. Muatan Lokal 1*)
|
2
|
2
|
2
|
|
C. Pengembangan Diri
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
|
Jumlah
|
47
|
47
|
47
|
|
Keteangan:
a.
Alokasi
waktu satu jam pelajaran adalah 40 menit
b.
Minggu
efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34 s.d 38 minggu
c.
1*)
Sesuai dengan kebutuhan siswa, madrasah dan daerah
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
Di Madrasah
kami, MTs Al – Hidayah Purwokerto, terdapat program intra kurikuler dan juga
ekstra kurikuler yang dikembangkan dalam program Pengembangan Diri.
Waktu
belajar madrasah kami dimulai pukul 07.00. pagi hingga pukul 12.40, kecuali
hari Jum’at pulang jam 11.15. Pada awal pelajaran diadakan kegiatan bacaan
surat-surat pendek atau ayat Al Qur’an yang sudah ditentukan sesuai jadwal.
Pada hari Senin diadakan upacara bendera dan setiap tanggal 17 diadakan juga
upacara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar