BAB II
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN, VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH
A.
Standar Kompetensi Lulusan Madrasah
Standar Kompetensi
Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP) MTs selengkapnya adalah:
1.
Mengamalkan
ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja.
2.
Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri.
3.
Menunjukkan
sikap percaya diri
4.
Mematuhi
aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas
5.
Menghargai
keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup
nasional.
6.
Mencari
dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara
logis, kritis, dan kreatif.
8.
Menunjukkan
kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
9.
Menunjukkan
kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
10. Mendiskripsi gejala alam dan sosial.
11. Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung
jawab
12. Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan
dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
13. Menghargai karya seni dan budaya nasional.
14. Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki
kemampuan untuk berkarya.
15. Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar,
aman, dan memanfaatkan waktu luang.
16. Berkomunikasi dan berinteraksi secara
efektif dan santun.
17. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang
lain dalam pergaulan di masyarakat.
18. Menghargai adanya perbedaan pendapat.
19. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
naskah pendek sederhana
20. Menunjukkan ketrampilan menyimak,
berbicara, membaca dan
menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana.
21. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti
pendidikan menengah.
B.
Visi Madrasah
Madrasah Tsanawiyah Al – Hidayah Purwokerto sebagai
lembaga pendidikan dasar berciri khas Islam perlu mempertimbangkan harapan
murid, orang tua murid, lembaga pengguna lulusan madrasah dan masyarakat dalam
merumuskan visinya. Madrasah Tsanawiyah Al – Hidayah
Purwokerto juga diharapkan merespon perkembangan dan tantangan masa
depan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi; era informasi dan globalisasi yang
sangat cepat. Madrasah Tsanawiyah Al – Hidayah
Purwokerto ingin mewujudkan harapan dan respon dalam visi berikut :
Visi adalah
gambaran umum madrasah yang akan dicapai pada masa yang akan datang. MTs Al –
Hidayah Purwokerto sebagai lembaga pendidikan setingkat SLTP yang berciri
khas-kan agama islam berharap setelah siswa mengikuti proses pendidikan selama
3 (tiga) tahun, siswa akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, selalu
ingin menuntut ilmu, baik agama maupun umum, karena mencari ilmu tidak
mempunyai batasan umur, waktu maupun jarak.
Siswa harus
mempunyai keimanan yang kokoh, sehingga tidak mudah goyah atau kuat menghadapi
tantangan perkembangan jaman pada era globalisasi dimana ilmu pengetahuan dan
teknologi memandang dunia merupakan satu kesatuan yang tak terbatas oleh jarak
maupun waktu, sehingga kita dapat mengakses semua insiden dunia secara umum
melalui internet.
Siswa harus
berbudi pekerti atau berakhlak mulia. Lulusan madrasah harus dapat menjadi
pioner di tengah kehidupan masyarakat dalam kepribadian.

Indikator Visi:
1.
Terwujudnya generasi Islam yang
menguasai berbagai ilmu agama dan tidak ketinggalan dalam ilmu pengetahuan
umum dan teknologi.
2.
Terwujudnya generasi Islam yang
kokoh dalam iman dan tidak terpengaruh perilaku negatif yang menyimpang dari
syari’at agama Islam.
3.
Terwujudnya generasi Islam yang
benar – benar mencintai dan mengamalkan agama secara utuh.
C.
Misi
Madrasah
Untuk mencapai visi di atas,
perlu dilakukan suatu misi yang berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang
jelas.
Dalam setiap pekerjaan Pendidikan,
kami selalu mengupayakan disiplin sesuai aturan dan bidang kerja masing –
masing, saling menghormati dan menjaga hubungan kerja yang harmonis dengan
berdasarkan pelayanan prima, kerjasama dan silaturahmi. Penjabaran misi
tersebut meliputi:
1.
Membentuk
siswa untuk melaksanakan Syariat Islam secara utuh (Kaffah)
2.
Membentuk
siswa yang berbudi pekerti luhur, berlaku sesuai norma – norma agama.
3.
Membentuk
siswa yang cerdas, berprestasi, berguna untuk agama, bangsa dan negara.
4.
Membentuk
Madrasah sebagai basis dan Pusat Pendidikan masyarakat yang bersumber dari
Nilai – Nilai Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah.
D.
Tujuan Pendidikan
Madrasah
Undang-Undang
No. 2 tahun 1989 tentang pedoman pelaksanaan sistem pendidikan nasional dalam
undang-undang tersebut telah disebutkan bahwa ”Madrasah Tsanawiyah adalah
Sekolah Menengah Pertama yang berciri khas agama islam yang diselenggarakan
oleh Departemen Agama”. Pemerintah telah mengakui dan menyamakan antara
Madrasah Tsanawiyah dengan SMP, hanya penyelenggaraan yang berbeda. Karena keberadaan Madrasah sejajar dengan SMP dan
pemerintah telah mengakui maka tujuan pendidikan Madrasah Tsanawiyah pun harus
sejalan dengan tujuan pendidikan nasional. Tujuan didirikannya Madrasah adalah
”Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia indonesia seutuhnya
yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi
pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, sehat jasmani dan rohani,
berkepribadian yang mantap dan mandiri serta memiliki rasa tanggung jawab
kemasyarakatan dan kebangsaan”. Secara khusus tujuan Madrasah Tsanawiyah Al –
Hidayah Purwokerto sebagai berikut :
1.
Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan Pembelajaran Aktif (PAKEM, CTL).
2.
Mengembangkan potensi akademik, minat dan bakat
siswa melalui layanan bimbingan dan konseling dan kegiatan ekstra kurikuler
3.
Membiasakan perilaku Islami di lingkungan madrasah,
rumah dan masyarakat.
4.
Meningkatkan prestasi akademik siswa dengan target
80% KKM semua mata pelajaran memperoleh nilai 7,1 dapat terlampaui.
5.
Meningkatkan prestasi non akademik siswa di bidang
seni dan olahraga lewat kejuaraan dan kompetisi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar