Kamis, 25 Oktober 2012

KTSP 2012 BAB II SKL, VISI, MISI dan TUJUAN MADRASAH


BAB II
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN, VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH

A.           Standar Kompetensi Lulusan Madrasah
Standar Kompetensi Lulusan  Satuan Pendidikan (SKL-SP) MTs selengkapnya adalah:
1.        Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja.
2.        Memahami  kekurangan dan kelebihan diri sendiri.
3.        Menunjukkan sikap percaya diri
4.        Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan   yang lebih luas        
5.        Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional.
6.        Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif.
7.        Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif, dan inovatif.
8.        Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
9.        Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
10.    Mendiskripsi gejala alam dan sosial.
11.    Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab
12.    Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
13.    Menghargai karya seni dan budaya nasional.
14.    Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya.
15.    Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan  waktu luang.
16.    Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun.
17.    Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan     di masyarakat.
18.    Menghargai adanya perbedaan pendapat.
19.    Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek     sederhana
20.    Menunjukkan ketrampilan menyimak, berbicara, membaca dan              menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana.
21.    Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah.

B.            Visi Madrasah
Madrasah Tsanawiyah Al – Hidayah Purwokerto  sebagai lembaga pendidikan dasar berciri khas Islam perlu mempertimbangkan harapan murid, orang tua murid, lembaga pengguna lulusan madrasah dan masyarakat dalam merumuskan visinya. Madrasah Tsanawiyah Al – Hidayah Purwokerto juga diharapkan merespon perkembangan dan tantangan masa depan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi; era informasi dan globalisasi yang sangat cepat. Madrasah Tsanawiyah Al – Hidayah Purwokerto ingin mewujudkan harapan dan respon dalam visi berikut :
Visi adalah gambaran umum madrasah yang akan dicapai pada masa yang akan datang. MTs Al – Hidayah Purwokerto sebagai lembaga pendidikan setingkat SLTP yang berciri khas-kan agama islam berharap setelah siswa mengikuti proses pendidikan selama 3 (tiga) tahun, siswa akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, selalu ingin menuntut ilmu, baik agama maupun umum, karena mencari ilmu tidak mempunyai batasan umur, waktu maupun jarak.
Siswa harus mempunyai keimanan yang kokoh, sehingga tidak mudah goyah atau kuat menghadapi tantangan perkembangan jaman pada era globalisasi dimana ilmu pengetahuan dan teknologi memandang dunia merupakan satu kesatuan yang tak terbatas oleh jarak maupun waktu, sehingga kita dapat mengakses semua insiden dunia secara umum melalui internet.
Siswa harus berbudi pekerti atau berakhlak mulia. Lulusan madrasah harus dapat menjadi pioner di tengah kehidupan masyarakat dalam kepribadian.
Rounded Rectangle:  UNGGUL DALAM PRESTASI, BERAKHLAQUL KARIMAH, BERIMAN DAN BERTAQWA


Visi Madrasah Tsanawiyah Al – Hidayah Purwokerto adalah :




Indikator Visi:
1.        Terwujudnya generasi Islam yang menguasai berbagai ilmu agama dan tidak ketinggalan dalam ilmu pengetahuan umum  dan teknologi.
2.        Terwujudnya generasi Islam yang kokoh dalam iman dan tidak terpengaruh perilaku negatif yang menyimpang dari syari’at agama Islam.
3.        Terwujudnya generasi Islam yang benar – benar mencintai dan mengamalkan agama secara utuh.

C.           Misi Madrasah
Untuk mencapai visi di atas, perlu dilakukan suatu misi yang berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas.
Dalam setiap pekerjaan Pendidikan, kami selalu mengupayakan disiplin sesuai aturan dan bidang kerja masing – masing, saling menghormati dan menjaga hubungan kerja yang harmonis dengan berdasarkan pelayanan prima, kerjasama dan silaturahmi. Penjabaran misi tersebut meliputi:
1.        Membentuk siswa untuk melaksanakan Syariat Islam secara utuh (Kaffah)
2.        Membentuk siswa yang berbudi pekerti luhur, berlaku sesuai norma – norma agama.
3.        Membentuk siswa yang cerdas, berprestasi, berguna untuk agama, bangsa dan negara.
4.        Membentuk Madrasah sebagai basis dan Pusat Pendidikan masyarakat yang bersumber dari Nilai – Nilai Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah.

D.           Tujuan Pendidikan Madrasah
Undang-Undang No. 2 tahun 1989 tentang pedoman pelaksanaan sistem pendidikan nasional dalam undang-undang tersebut telah disebutkan bahwa ”Madrasah Tsanawiyah adalah Sekolah Menengah Pertama yang berciri khas agama islam yang diselenggarakan oleh Departemen Agama”. Pemerintah telah mengakui dan menyamakan antara Madrasah Tsanawiyah dengan SMP, hanya penyelenggaraan yang berbeda. Karena keberadaan Madrasah sejajar dengan SMP dan pemerintah telah mengakui maka tujuan pendidikan Madrasah Tsanawiyah pun harus sejalan dengan tujuan pendidikan nasional. Tujuan didirikannya Madrasah adalah ”Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta memiliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan”. Secara khusus tujuan Madrasah Tsanawiyah Al – Hidayah Purwokerto sebagai berikut :
1.        Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Aktif (PAKEM, CTL).
2.        Mengembangkan potensi akademik, minat dan bakat siswa melalui layanan bimbingan dan konseling dan kegiatan ekstra kurikuler
3.        Membiasakan perilaku Islami di lingkungan madrasah, rumah dan masyarakat.
4.        Meningkatkan prestasi akademik siswa dengan target 80% KKM semua mata pelajaran memperoleh nilai 7,1 dapat terlampaui.
5.        Meningkatkan prestasi non akademik siswa di bidang seni dan olahraga lewat kejuaraan dan kompetisi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar